SELAYANG PANDANG



Saat ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan yang utama bahkan tulang punggung bagi penyelenggaraan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK). Secara umum, UMK dapat dikategorikan sebagai institusi besar, jika diukur dari jumlah mahasiswa, pegawai (dosen dan non-dosen), jumlah kegiatan pada   suatu   satuan   waktu,   jumlah   gedung   dan   ruang,   dll.   Untuk   institusi   besar, pengembangan, pengelolaan sarana TIK dan yang menggunakannya perlu dirancang dengan baik untuk menjamin agar sarana TIK dapat dimanfaatkan secara optimal dan mendatangkan keuntungan yang diharapkan. UMK memerlukan sarana TIK dasar, yaitu infrastruktur jaringan (termasuk sarana komunikasi dan internet) dan sistem-sistem informasi. Selain itu, untuk menunjang kegiatan Tri Dharma, juga memerlukan sarana TIK lain (lanjut) untuk e-Education, e-Research, e-Society, dll.

UMK perlu memiliki kebijakan di bidang TIK, yang tentunya tidak menyimpang dari visi dan misi UMK. Sarana TIK dimanfaatkan untuk: (a) Mendukung penjaminan mutu, sehingga dimana dimungkinkan, semua keperluan informasi untuk penjaminan mutu harus disediakan. (b) Mendukung kegiatan Tri Dharma secara optimal. (c) Mendukung manajemen PT secara optimal. (d) Memberikan layanan informasi yang memadai bagi civitas akademika dan masyarakat luar. Disamping itu Sarana TIK akan terus dikembangkan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan   mengoptimalkan pemanfaatannya, dengan demikian, SDM pengelola  sarana  TIK  maupun  pengguna  sarana  TIK  juga  akan  terus  dikembangkan. Pelaksana sistem TIK di UMK adalah Pusat Dokumentasi dan Pengendali Informasi (PDPI). PDPI memiliki tanggung jawab besar untuk mewujudkan UMK Digital.

Rencana stratejik (Renstra) Pusat Dokumentasi dan Pengendali Informasi (PDPI) Universitas Muhammadiyah Kendari untuk kurun waktu tahun 2010-2014 didasari dari tugas pokok PDPI, yaitu ketersedian infrastruktur jaringan UMK, ketersedian informasi  yang aktual, terpercaya, efisien   dan efektif melalui suatu sistem informasi manajemen terpadu yang online.