PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK



Teknologi Informasi berperan penting dalam memperbaiki kinerja suatu organisasi. Penggunaannya tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi. Pemanfaatan teknologi informasi menjadi kebutuhan yang tak dapat ditawar lagi, karena ketersediaan informasi yang terintegrasi makin penting dalam mendukung upaya menciptakan sistem organisasi yang terkendali, efisien dan kompetitif. Olehnya itu, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi lembaga akademik yang mampu menerapkan Teknologi Informasi (TI) dalam setiap kegiatan. Dengan penerapan TI,  UMK dapat memiliki mutu akademik yang tinggi, yang sanggup memberdayakan dan mencerdaskan civitas akademika ke tingkat lebih tinggi.

Sasaran dari pengembangan jaringan kampus UMK, diarahkan untuk mencapai kampus digital, yang merupakan layanan TIK secara terintegrasi pada semua unit UMK.  Salah satu bentuk layanan TIK yaitu layanan untuk menghadirkan sistem informasi  terintegrasi di UMK kapan dan dimana saja. Rencana pengembangan layanan informasi UMK kedepan  dibagi dalam 2 (dua) kelompok yaitu : (1) Corporate systems merupakan sistem informasi pendukung manajemen UMK. Corporate Systems ini dibangun untuk kebutuhan UMK akan pengelolaan data dan informasi kampus melalui teknologi informasi untuk memudahkan institusi, mahasiswa dan dosen, serta masyarakat memperoleh informasi yang akurat dan cepat tentang perkembangan UMK.  (2)  Academic systems merupakan sistem informasi pendukung proses belajar mengajar di UMK. Sistem pendukung pembelajaran ini pada dasarnya penerapan TIK dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Saat ini, UMK telah memiliki Sistem Informasi Akademik yang menyediakan data dan informasi akademik mahasiswa dan dosen. Sistem Informasi Akademik merupakan sistem informasi berbasis WEB (Web Based) sehingga dapat diakses dalam jaringan intranet UMK dengan menggunakan internet browser pada alamat Dengan teknologi Web Based  ini maka, akan memudahkan penggunaan sistem ini dalam jaringan Client-Server.

Tahun akademik 2013/2014 akan diterapkan sistem penawaran matakuliah secara online dalam jaringan intranet. Jadi semua komponen dalam komunitas kampus UMK dalam pengelolaan administrasi akademik akan bekerja secara online. Disadari bahwa, Sistem Informasi Akademik yang ada belumlah optimal untuk mendukung penawaran online, maka sistem ini harus dikembangkan atau di upgrade dan di update. Pengembangan sistem informasi ini dilakukan oleh seorang tenaga ahli IT yang memiliki pengetahuan dan pengalaman sistem informasi akademik.