PELATIHAN MEMBUAT WEB-BLOG PRIBADI DAN PEMBUATAN E-MAIL DOSEN DALAM JARINGAN LOKAL UMK



Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awal kelahiranya komputer bukanlah alat yang multi fungsi seperti yang disaksikan dan didaya gunakan zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai mesin untuk mempermudah aktivitas perhitungan atau mesin kalkulasi matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.

Diantara perkembangan komputer yang sangat berpengaruh bagi industri dan penelitian serta berdampak positif bagi seluruh bidang kehidupan manusia secara umum adalah Internet. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang berskala dunia yang multi guna yang memiliki berjuta fasilitas yang bermanfaat untuk berbagai aktivitas. Dengan lahirnya media ini dengan berbagai kelebihannya maka penyebaran informasi dengan berbagai jenisnya menjadi sangat mudah, cepat dan murah. Keberadaan media ini merubah status zaman dari zaman tertutup menjadi zaman keterbukaan atau transparansi serta hampir serba gratis. Di antara fasilitas internet yang berperan dalam merubah status zaman adalah weblog yang merupakan sebuah fasilitas di internet berupa wadah atau tempat untuk menampilkan data pribadi, bisnis atau semacamnya di dunia maya.

Weblok dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan akademik terutama bagi dosen misalnya menyampaikan informasi yang berkaitan dengan mahasiswa seperti soal tugas, materi kuliah dan berbagai informasi lainya yang berkaitan dengan akademik sehingga dengan adanya fasilitas ini mahasiswa dengan mudah mendapatkan materi kuliah yang bersifat gratis serta berkomunikasi dengan dosen. Untuk dapat memaksimalkan manfaat weblog serta memberikan pencerahan dan keterampilan pada dosen dalam membuat sebuah weblog maka kami terpanggil  mengadakan pelatihan untuk membuat weblog bagi dosen dengan harapan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan dosen terkhusus dosen Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK).