SOSIALISASI SIMAK ONLINE



Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan dan telah mempengaruhi sendi-sendi aktivitas manusia. Diantara perkembangan komputer yang sangat berpengaruh bagi dunia pendidikan adalah sistem koneksi jaringan komputer. Dengan sistem koneksi ini dengan berbagai kelebihannya maka penyebaran informasi dengan berbagai jenisnya menjadi sangat mudah, cepat dan murah. Keberadaan sistem koneksi ini merubah status zaman dari zaman tertutup menjadi zaman keterbukaan atau transparansi.

Sistem informasi Akademik (SIMAK) yang merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk menampilkan berbagai informasi akademik bagi mahasiswa dan dosen yang berbasis sistem jaringan. Sistem informasi Akademik (SIMAK) dirancang khusus untuk membantu pengelolaan administrasi dengan sistem database yang terpusat dan terintegrasi, tersedianya layanan informasi bagi mahasiswa, dosen, staf tata usaha, pimpinan, orang tua, dan alumni  serta tersedianya Informasi untuk mendukung perencanaan dan pengambilan keputusan, selain itu juga sebagai salah satu pilar pembangunan perguruan tinggi berbasiskan Teknologi Informasi dan memberikan Nilai Tambah ( Added Value ) bagi Universitas Muhammadiyah Kendari, antara lain melahirkan daya saing dengan universitas lainnya.

SIMAK dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan administrasi secara online terutama bagi mahasiswa yang akan melakukan penawaran pengisian KRS selain itu SIMAK juga menyimpan berbagai informasi misalnya kartu hasil studi (KHS), data mahasiswa, data dosen, data pegawai serta kalender akademik Universitas Muhammadiyah Kendari sehingga dengan adanya sistem informasi ini mahasiswa dengan mudah dapat melakukan pengimputan KRS secara online dan dapat melihat informasi-informasi lainnya.

Disamping itu dengan adanya sistem ini maka akan terjadi Money Saving  karena pada SIMAK menggunkan konsep Paper less. Selain sebagai sarana penawaran/pengisian KRS online dalam jaringan local (Intranet) dalam SIMAK akan diperoleh data informasi kepegawaian UMK (Sistem Informasi Kepegawaian) dan data informasi kemahasiswaan (Sistem Informasi Kemahasiswaan). Penggunaan SIMAK tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga proses administrasi yang terjadi akan efisien, terukur, fleksibel. Dengan melihat berbagai fungsi dari Sistem Informasi Akademik (SIMAK), maka dipandang perlu untuk diimplementasikan pada Universitas Muhammadiyah Kendari dimulai pada semester genap 2012/2013.

Maksud dan tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh civitas akademika khususnya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari khususnya mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 yang akan menggunakan sistem informasi akademik (SIMAK) pada semester genap tahun akademik 2012/2013. Disamping itu sosialisasi SIMAK juga sebagai pengenalan SIMAK secara keseluruhan bagi civitas akademika Universitas Muhammadiyah Kendari.

Setelah mengikuti sosialisasi sistem informasi akademik (SIMAK) UMK seluruh civitas akademika khususnya mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 akan memiliki  pemahaman penggunaan sistem informasi akademik secara online dan mengetahui SIMAK secara online, sehingga mahasiswa dapat memperbaharui data, melakukan penawaran online dan mengakses laporan kemajuan studi mahasiswa.

Keluaran dari kegiatan ini adalah seluruh civitas akademika khususnya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari angkatan 2011 dan 2012 mampu menggunakan SIMAK Online sehingga terciptanya database akademik mahasiswa yang dapat diakses secara online.